May 20, 2015

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107


Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa telah menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 Tahun 2015 pada pagi ini, Rabu, 20 Mei 2015. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut berlangsung dengan khidmat dan bertemakan “Melalui Hari Kebangkitan Nasional Kita Bangkitkan Semangat Kerja Keras Mewujudkan Indonesia Maju dan Sejahtera”.

Peringatan ini dipimpin oleh Wakil Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Perdagangan Internasional, dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh, Triyono Wibowo. Hadir dalam upacara tersebut, Duta Besar R.M. Michael Tene (Deputi Wakil Tetap RI I) dan Duta Besar Iman Pambagyo (Deputi Wakil Tetap RI II) dan seluruh  pegawai  di lingkungan Perutusan Tetap RI (PTRI) di Jenewa.

Peringatan ini ditujukan untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan seluruh warga negara Indonesia, termasuk yang berada di Jenewa, Swiss, dengan meneladani semangat perjuangan pendahulu yang melakukan perjuangan intelektual melalui pembentukan organisasi Boedi Utomo. Meskipun jauh dari tanah air, jiwa nasionalisme kebangsaan tersebut perlu terus dipupuk sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika dan bernegara serta untuk semakin mempererat persaudaraan guna mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa dalam kerangka negara kesatuan.

Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga mencerminkan harapan agar pemaknaan Kebangkitan Nasional lebih difokuskan pada kerja nyata yang didorong dengan tuntutan perkembangan untuk terus maju. Kemajuan bangsa dapat didukung dengan keberhasilan pembangunan mental dan karakter sumber daya manusia Indonesia. Selain itu, tantangan yang muncul terhadap kemajemukan bangsa harus disikapi dengan memaksimalkan potensi kekuatan kemajemukan dengan menjaga nilai-nilai budaya guna memelihara persatuan.

 

Jenewa, 20 Mei 2015

Beberapa foto Peringatan Hari Kebangkitan Nasional :

Hari Kebangkitan Nasional 2015

Hari Kebangkitan Nasional 2015

Hari Kebangkitan Nasional 2015

Hari Kebangkitan Nasional 2015

Hari Kebangkitan Nasional 2015

Useful Links
Deplu
Depkes
Budpar
BKPM
UN
WHO
ILO
Nafed
WIPO
WTO
ITU