August 17, 2015

PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN RI KE-70 DI PERUTUSAN TETAP REPUBLIK INDONESIA DI JENEWA, SWISS


Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tidak hanya diperingati di seluruh nusantara namun juga di berbagai belahan dunia termasuk di kota internasional, Jenewa, yang merupakan salah satu tempat berlangsungnya berbagai perundingan multilateral dunia. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di halaman Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Perdagangan Dunia, dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa saat peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan berlangsung dan diikuti oleh sekitar 200 masyarakat Indonesia di Jenewa dan sekitarnya.

Wakil Tetap RI, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh, Triyono Wibowo, memimpin upacara yang berlangsung khidmat. Dalam pidatonya, Dubes Triyono Wibowo Dubes Triyono Wibowo menyatakan bahwa kemerdekaan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka untuk mengatur tata kehidupannya. Namun demikian, disamping berbagai capaian yang telah diraih, terdapat berbagai tantangan saat ini yang harus disadari dan diatasi oleh bangsa Indonesia. Tantangan tersebut antara lain akibat pertumbuhan penduduk yang tinggi dan harus diantisipasi terkait, antara lain, penyediaan sandang, papan, dan pekerjaan  serta layanan kesehatan. Tantangan lain berupa perlunya terus menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Duta Besar Triyono Wibowo juga menggarisbawahi bahwa salah satu tantangan serius dan besar lain adalah mempertahankan Pancasila sebagai Falsafah Hidup dan Ideologi Bangsa dari berbagai upaya untuk mengesampingkan dan upaya menjauhkan Ideologi Pancasila dalam berbagai urusan kenegaraan dan kemasyarakatan. Upaya-upaya ini harus diwaspadai oleh segenap bangsa Indonesia.

Setelah upacara berakhir, pimpinan dan para staf PTRI Jenewa menandatangani Pakta Integritas disaksikan seluruh peserta upacara yang berisi penyataan untuk menjaga citra, martabat dan nama baik Perwakilan dan Pemerintah Republik Indonesia dengan tidak melakukan perbuatan tercela dalam segala bentuk dan kesiapan menanggung resiko akibat perbuatan pribadi yang tidak ada sangkut pautnya dengan urusan kedinasan, serta bersedia menerima sanksi sekiranya melakukan pelanggaran.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi ini merupakan satu bagian rangkaian kegiatan PTRI Jenewa dalam rangka HUT RI tahun 2015. Selain mempersiapkan Peringatan HUT RI ini, PTRI Jenewa juga mempersiapkan digelarnya Bazar dan Pesta Rakyat yang akan diselenggarakan pada 22 Agustus 2015 dan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-70. Resepsi Diplomatik Hari Kemerdekaan RI juga akan dilangsungkan pada tanggal 25 Agustus 2015 dengan mengundang para tamu diplomatik dari perwakilan asing, dan berbagai organisasi internasional yang ada di Jenewa.

 

Jenewa, 17 Agustus 2015

 

17 Agustus 2015

Keterangan foto : Watapri/Dubes Triyono Wibowo saat memberikan Bendera Merah Putih kepada salah satu Paskibra (dok. PTRI Jenewa)

Useful Links
Deplu
Depkes
Budpar
BKPM
UN
WHO
ILO
Nafed
WIPO
WTO
ITU