August 25, 2015

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati melalui Resepsi Diplomatik di Kota Kosmopolitan Jenewa, Swiss


Ratusan tamu dari kalangan diplomatik dan organisasi internasional di Jenewa, termasuk dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi perdagangan Dunia menghadiri Resepsi Diplomatik Peringatan 70 tahun Kemerdekaan RI yang diselenggarakan oleh Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa, Swiss, malam ini, 25 Agustus 2015. Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO, dan organisasi internasional lainnya di Jenewa, Duta Besar Triyono Wibowo menjadi tuan rumah resepsi diplomatik yang diselenggarakan di Gedung World Trade Organisation (WTO) tersebut.

Sebagai salah satu tempat berlangsungnya berbagai perundingan multilateral dunia, keberadaan ratusan misi diplomatik dan sekitar 36 organisasi internasional, serta populasi asing mencapai sekitar 40 persen dari jumlah penduduknya menjadikan Jenewa sebagai kota bernuansa internasional dan multikultur. Kehadiran para undangan dari kalangan diplomatik dan organisasi-organisasi internasional menandakan tingginya penghargaan terhadap profil Indonesia serta kemitraan dan hubungan baik antara Perutusan Tetap RI dengan berbagai pihak di Jenewa.

Profil positif Indonesia di Jenewa dapat dilihat dari peran Indonesia di berbagai forum multilateral termasuk antara lain sebagai Presiden Trade and Development Board (TDB) UNCTAD (2014), Presidensi Conference of Disarmarment (2014), anggota Dewan Hak Asasi Manusia sejak tahun 2011, serta anggota Governing Body International Labour Organization (ILO) sejak tahun 2011, dan kesuksesan Indonesia dalam Konferensi Tingkat Menteri ke-9 World Trade Organisations. Indonesia juga dipercaya sebagai koordinator berbagai kelompok seperti Group of 21 di Conference Disarmarment, G-33 di WTO, dan Like Minded Countries pada forum World Intelectual Property Organization (WIPO).

Pada resepsi Diplomatik ini, para tamu menikmati suguhan pertunjukan tari tradisional Legong Keraton (Bali) dan sajian berbagai kuliner tradisional Indonesia seperti kambing guling, nasi goreng Indonesia, dadar gulung serta risoles yang mendapat apresiasi dari para tamu asing.

Acara resepsi diplomatik tersebut merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-70 di Jenewa. Sebelumnya, pada tanggal 17 Agustus 2015, PTRI Jenewa juga telah melangsungkan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan dengan diikuti oleh staf PTRI dan masyarakat Indonesia di Jenewa dan sekitarnya. Upacara tersebut juga diikuti dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh staf PTRI Jenewa yang disaksikan seluruh peserta upacara .

Pada akhir pekan tanggal 22 Agustus 2015, PTRI Jenewa juga menggelar Pesta Rakyat yang telah tiga tahun berturut-turut digelar di Jenewa. Acara yang dihadiri masyarakat Indonesia dan setempat ini diisi dengan berbagai sajian makanan khas Indonesia, perlombaan anak-anak dan dewasa, pengumpulan dana untuk disumbangkan pada yayasan pendidikan di Indonesia, serta penghargaan bagi para pemenang berbagai lomba yang diselenggarakan untuk masyarakat Indonesia dalam rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Indonesia ke-70 tahun ini.

Jenewa, 25 Agustus 2015

 

Sekjen IPU

Foto : Watapri Jenewa, Dubes Triyono Wibowo menerima ucapan selamat dari Sekretaris Jenderal Inter Parliamentary Union (IPU), Mr. Martin Chungong (dok. PTRI Jenewa)

 

Tari Bali

Foto : Tari Legong Keraton memukau ratusan tamu yang hadir (dok. PTRI Jenewa)

Useful Links
Deplu
Depkes
Budpar
BKPM
UN
WHO
ILO
Nafed
WIPO
WTO
ITU