Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Jenewa

August 17, 2018 Special Events

Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) untuk PBB, WTO, dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa telah menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 (Upacara HUT RI) pada tanggal 17 Agustus 2018 dengan dipimpin oleh Duta Besar Andreano Erwin selaku Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) PTRI Jenewa.
Di tengah cuaca yang cerah dan udara yang sejuk kota Jenewa, seluruh peserta upacara yang terdiri dari diaspora masyarakat Indonesia dan staf PTRI Jenewa mengikuti rangkaian kegiatan upacara dengan hikmat yang diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan teks Proklamasi, pembacaan Pancasila, pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945, doa bersama, dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan Indonesia.
Tema Upacara HUT RI tahun ini adalah “Kinerja Kita, Prestasi Bangsa” yang merupakan refleksi Pemerintahan Bapak Presiden Joko Widodo selama 4 tahun terakhir untuk mendorong perubahan Indonesia yang lebih baik. Selain itu, tahun 2018 merupakan tahun yang istimewa bagi Indonesia yang diberikan kepercayaan oleh masyarakat internasional untuk kembali menjadi tuan rumah Acara Asian Games XVIII setelah 56 tahun. Tema “Kinerja Kita, Prestasi Bangsa” juga mencerminkan semangat Asian Games XVIII yang mengangkat slogan Energy of Asia.
Pengibaran bendera tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan petugas pengibar Bendera Merah Putih adalah Home Staff PTRI Jenewa. Sementara itu, petugas upacara lainnya terdiri dari sejumlah diaspora Indonesia yang bertempat tinggal di Jenewa dan bekerja di Organisasi Internasional.
Upacara berjalan dengan hikmat, sejumlah diaspora Indonesia juga terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan Upacara HUT RI. Menurut salah satu diaspora Indonesia yang mengikuti Upacara, “Penyelenggaraan kegiatan Upacara HUT RI bukan merupakan suatu acara seremonial yang dilakukan secara rutin setiap tahun. Namun, merupakan ungkapan syukur masyarakat Indonesia kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan dan kemandirian bangsa Indonesia, perjuangan para pahlawan serta komitmen kongkrit untuk terus mempertahankan apa yang telah dimiliki oleh Bangsa Indonesia saat ini”.
Kegiatan Upacara HUT RI ke-73 di PTRI Jenewa ditutup dengan foto bersama antara KUAI PTRI Jenewa dengan seluruh diaspora Indonesia dan staf PTRI Jenewa serta santap siang bersama.

Jenewa, 17 Agustus 2018

 
20180817 Foto untuk pers HUT RI ke-73 b
 
 
 
Keterangan foto : Pengibaran bendera Merah Putih saat upacara peringatan detik-detik proklamasi di PTRI Jenewa, tanggal 17 Agustus 2018 (dok. PTRI Jenewa)
20180817 Foto untuk pers HUT RI ke-73 a
 
 
Keterangan foto : Menyanyikan beberapa lagu perjuangan oleh peserta upacara 17(dok. PTRI Jenewa)