Diaspora Indonesia di Jenewa Meriahkan Pesta Rakyat 2019

August 25, 2019 Special Events

Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) untuk PBB, WTO, dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa menyelenggarakan “Pesta Rakyat” pada 25 Agustus 2019 bertempat di Wisma Wakil Tetap (Watap) RI di Jenewa.

Lebih dari 300 diaspora Indonesia, utamanya para WNI yang bekerja di sejumlah organisasi internasional di Jenewa, masyarakat Indonesia yang sudah lama tinggal di Jenewa, dan masyarakat Indonesia yang menikah dengan warga setempat bersemangat dan aktif meramaikan berbagai kegiatan dalam Pesta Rakyat ini. Acara tersebut sekaligus menjadi ajang berkumpul masyarakat Indonesia di Jenewa dan sekitarnya.

“Pesta Rakyat tahun 2019 ini bertujuan untuk mengekspresikan beragam budaya Indonesia dari segi kuliner, perlombaan khas masyarakat Indonesia (seperti balap karung, tarik tambang, ikat balon, dan lomba kelereng), tarian tradisional interaktif, serta musik populer Indonesia. Kegiatan kemasyarakatan ini diharapkan dapat meneguhkan kembali identitas Indonesia dan mengingatkan kembali kekayaan budaya tanah air kepada diaspora Indonesia”, ujar Watap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa, Duta Besar Hasan Kleib.

Saat ini terdapat 36 WNI yang bekerja di berbagai organisasi internasional di kota Jenewa dan negara Swiss, seperti organisasi internasional yang mengurus isu kesehatan (WHO), kekayaan intelektual (WIPO), pembangunan dan perdagangan (UNCTAD), telekomunikasi (ITU), migrasi (IOM), pengungsi (UNHCR), bantuan kemanusiaan (IFRC), pos (UPU), perdagangan dunia (WTO), dan administrasi perserikatan bangsa-bangsa (UNOG).

Duta Besar Hasan Kleib menambahkan bahwa WNI profesional yang berkarir di organisasi internasional adalah mitra kerja yang sangat diperlukan dalam mendukung misi diplomasi memperjuangkan kepentingan Indonesia di sejumlah fora internasional. Hal ini sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi agar Indonesia semakin berperan aktif dalam hubungan internasional.

Untuk melengkapi nuansa nusantara, disediakan stand berbagai hidangan kuliner asal tanah air, diantaranya sate, pempek, ikan pepes bakar, siomay, es teler, es dawet, pecel ayam, mie bakso, dan mie ayam cakalang. Di sudut lainnya hadir bazar aneka kerajinan khas nusantara diantaranya batik, kebaya dan pernak pernik.

“Selain mengandalkan kekayaan sumber daya manusia, motor diplomasi Indonesia turut diperkuat dengan mengelola secara tepat pemanfaatan kekayaan kuliner dan budaya Indonesia dalam berbagai kegiatan diplomasi multilateral di Jenewa dan Swiss”, tambah Dubes Hasan Kleib.

Turut hadir Warung Konsuler KBRI Bern untuk memfasilitasi administrasi dokumen keimigrasian WNI yang berada di Swiss dan Jenewa khususnya.

Untuk lebih memeriahkan acara, diberikan pula door prizes seperti Smart TV, sepeda dan drone camera dari home staff PTRI Jenewa kepada para pengunjung Pesta Rakyat 2019 khusus untuk masyarakat dan local staff PTRI Jenewa.

Selain itu, Pesta Rakyat juga dimanfaatkan untuk mengumumkan pemenang pertandingan olahraga seperti bowling, tenis meja, bulu tangkis dan gaple, yang telah diselenggarakan sebelumnya pada Pekan Olah Raga PTRI Jenewa 2019 dalam rangka peringatan HUT RI ke-74.

Jenewa, 25 Agustus 2019