PTRI Jenewa Memperingati Kemerdekaan RI ke-75

August 17, 2020 Special Events

“Semangat kemerdekaan Indonesia harus terus dikobarkan dalam upaya bersama kita bagi kesejahteraan dan kemajuan Indonesia, dan untuk bangkit kembali dari tantangan-tantangan di tengah pandemi COVID-19,” demikian disampaikan oleh Wakil Tetap RI untuk PBB, Organisasi Perdagangan Dunia dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa, Duta Besar Hasan Kleib, seusai Upacara Peringatan HUT RI ke-75 di halaman kantor Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa (PTRI Jenewa), pada tanggal 17 Agustus 2020.

Berbeda dengan semaraknya peringatan Kemerdekaan RI pada tahun-tahun sebelumnya yang dihadiri oleh ratusan masyarakat Indonesia di Jenewa dan sekitarnya, Upacara Peringatan Kemerdekaan RI tahun ini hanya diikuti oleh jajaran Pimpinan beserta staf PTRI. Hal ini dilakukan untuk memastikan physical distancing yang memadai guna meminimalisasi potensi penularan COVID-19. Lebih lanjut, sesuai dengan rekomendasi kebijakan kesehatan Pemerintah Swiss, seluruh peserta juga menggunakan masker selama upacara berlangsung.

Dengan tema “Indonesia Maju”, Upacara Peringatan HUT RI ke-75 di PTRI Jenewa berlangsung dengan khidmat di bawah pimpinan Duta Besar Hasan Kleib selaku Pembina Upacara. Pada saat Upacara, sesuai dengan Keputusan Presiden RI No. 85/TK/tahun 2020 tanggal 14 Agustus 2020, Duta Besar Hasan Kleib juga secara simbolis menyerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun kepada dua diplomat RI yang bertugas di PTRI Jenewa, yaitu Bonanza Perwira Taihitu dan Syahda Guruh Langkah Samudera.

Seusai Upacara Peringatan HUT RI ke-75, Duta Besar Hasan Kleib juga kembali tegaskan komitmen diplomasi PTRI Jenewa untuk terus memperjuangkan yang terbaik bagi Indonesia di forum-forum multilateral. “Di tengah situasi pandemi global yang masih dipenuhi dengan ketidakpastian, mesin diplomasi Indonesia akan terus berusaha meraih yang terbaik untuk tanah air. Dalam kaitan ini, PTRI Jenewa akan terus memastikan agar multilateralisme memberikan manfaat terbesar bagi Indonesia, khususnya di lini kesehatan, perdagangan internasional, ketenagakerjaan, hak kekayaan intelektual, dan HAM,” tegas Duta Besar Hasan Kleib.

Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB di Jenewa, 17 Agustus 2020

Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di PTRI Jenewa, Swiss, dengan Dubes LBBP/Watapri Jenewa Hasan Kleib selaku Pembina Upacara (17/08).