Diaspora Indonesia Kembali Saksikan Sang Merah Putih Berkibar di Jenewa

August 17, 2022 Uncategorized

“Semangat kemerdekaan dan kebersamaan harus terus dikobarkan dalam upaya  kita untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat dari berbagai tantangan yang timbul dari pandemi COVID-19,” demikian disampaikan oleh Wakil Tetap RI untuk PBB, Organisasi Perdagangan Dunia dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa, Duta Besar Febrian A. Ruddyard, seusai Upacara Peringatan HUT RI ke-77 di halaman kantor Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa (PTRI Jenewa), pada tanggal 17 Agustus 2022.

Berbeda dari suasana dua tahun terakhir, upacara peringatan HUT RI Ke-77 di Jenewa kembali diselenggarakan secara semarak, dengan kembali hadirnya segenap diaspora Indonesia di Jenewa sebagai peserta upacara.

“Syukur alhamdulillah, segenap staf PTRI Jenewa dan masyarakat Indonesia dapat kembali berkumpul dan bersilaturahim di PTRI Jenewa – di rumah Indonesia, untuk merayakan hari kemerdekaan kita secara khidmat,” ujar Duta Besar Febrian.

Selain jajaran PTRI Jenewa dan diaspora Indonesia, upacara juga diikuti oleh delegasi Komnas HAM RI yang sedang berada di Jenewa untuk menghadiri Dialog Konstruktif antara Pemerintah Indonesia dengan Komite Hak Penyandang Disabilitas PBB.

Bertugas sebagai pasukan pengibar bendera (Paskibra) pada upacara ini adalah pemuda dan pemudi terbaik Indonesia di Jenewa, yaitu Akmal Attarik Adhityas Wibowo, Annisa Athadi Gayo, dan Tristan Rashad Rosandry.

Upacara ini menjadi kegiatan pertama dari serangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan RI ke-77 di Jenewa. Pada tanggal 20 Agustus 2022, PTRI Jenewa akan menyelenggarakan ajang Pesta Rakyat, mengundang seluruh warga negara Indonesia yang berada di Swiss untuk mengikuti berbagai perlombaan dan menyantap berbagai kekayaan kuliner Indonesia.

Selanjutnya, pada tanggal 9 September 2022, PTRI Jenewa juga akan menyelenggarakan resepsi diplomatik di Wisma Duta, dengan mengundang para Duta Besar dan pejabat korps diplomatik serta kepala organisasi internasional di Jenewa dan mitra kerja PTRI Jenewa lainnya. Resepsi diplomatik tahun ini menurut rencana akan mengangkat tema kekayaan budaya Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT.

Seusai Upacara Peringatan HUT RI ke-77, Duta Besar Febrian A. Ruddyard kembali tegaskan komitmen diplomasi PTRI Jenewa untuk terus memperjuangkan yang terbaik bagi Indonesia di forum-forum multilateral. “Mesin diplomasi Indonesia akan terus berusaha meraih yang terbaik untuk tanah air. PTRI Jenewa akan terus memastikan agar multilateralisme memberikan manfaat terbesar bagi rakyat Indonesia, khususnya di lini kesehatan, HAM, dan perdagangan internasional,” tegas Duta Besar Febrian.

Jenewa, 17 Agustus 2022